Masuk Fakultas Kedokteran, Gimana Caranya Ya?


Hei. Kembali lagi menulis. Kali ini tentang Fakultas Kedokteran atau yang nama kerennya itu FK.๐Ÿ™‚ Ya, tidak bisa dipungkiri memang, fakultas yang satu ini *dan alhamdulillah saya berada disana :D* menjadi favorit diantara fakultas-fakultas lainnya. Tak heran, bagi yang ingin mendapatkan fakultas kedokteran harus berjuang dengan sunguh-sungguh agar cita-citanya tercapai. Jadi, masih minatkah kamu untuk menjadi dokter?

Oke, lanjut.๐Ÿ™‚

Nah, tentu saja untuk masuk ke Fakultas Kedokteran itu harus dimulai sejak kita SMA, terutama kelas XII. Mengapa? Karena beberapa penilaian untuk bisa masuk lewat jalur PMDK atau persyaratan untuk mengikuti tesnya adalah mendapat rangking 1-5 di kelas XII. Jadi, bagi kalian yang masih

di kelas X atau XI dan ingin masuk FK, maka belajar yang rajin ya, dan usahakan mendapat 5 besar di kelas, so kemungkinan kalian bisa ikut tes PMDK FK akan semakin besar.

Itu kalau jalur PMDK, kalau jalur SNMPTN sih ngga terlalu banyak syaratnya, asal lulus UAN, sudah bisa ikut SNMPTN. Tapi kabarnya mulai tahun 2011 ini UAN itu bisa dipakai buat SNMPTN, jadi maksimalkan aja deh nilai SNMPTN kalian agar dapet nilai tertinggi dan kemungkinan masuk FK otomatis semakin besar.๐Ÿ˜€

Oke, karena saya kuliah di Fakultas Kedokteran Universitas Jember, maka disini aku merincikan persyaratan atau syarat-syarat apa saja yang diperlukan untuk bisa masuk FK UJ ini. Oia, sebelumnya, hanya ada dua jalur masuk FK UJ, yaitu PMDK dan SNMPTN. Jadi, kalau kalian tidak masuk diantara itu, ya silakan mencoba tahun depan.๐Ÿ™‚

  • Di jalur PMDK mungkin kalian tidak perlu memeras otak, hanya berbekal nilai kalian selama di SMA mulai dari kelas X sampai dengan kelas XII semester 2. Aspek yang dinilai adalah kualitas sekolah kalian di mata FK UJ, ini dinilai dari senior kalian yang ada disana, bagaimana nilai mereka, dan berbagai lainnya. Juga yang terpenting ya juara kelas apa ngga waktu kalian di SMA. Hmm, sertifikat-sertifikat tingkat nasional juga bisa menambah poin kalian, jadi bisa disertakan.๐Ÿ™‚
  • Jalur SNMPTN beda lagi. Disini kalian harus mempelajari materi-materi SNMPTN, yaitu Bahasa Indonesia, Matematika, Bahasa Inggris, TPA, Fisika, Biologi, Kimia. Ya lumayan banyak, tapi masih bisa diusahakan kok. Kalau kalian berusaha, nothing impossible!

Nah, sekarang masalah biaya. Ini nih biasanya yang dicari-cari infonya. Biaya Kuliah di FK UJ bisa dibilang murah. Ya, murah jika dibandingkan dengan Fakultas Kedokteran UGM, Unair, UB, dkk. Bagi kalian yang diterima di jalur PMDK, mungkin harus membayar lebih daripada jalur SNMPTN. Di tahun 2010 kemarin, biayanya sekitar 75-150 juta. Tergantung kalian mau bayar berapa untuk nyumbangnya. Mungkin bagi sebagian orang uang 75 juta itu mahal, tapi jika masuk FK lain, biaya masuk jenis ini bisa sampai 500 juta. Wuhh.

Bagi kalian yang tidak punya uang berebih, jangan khawatir, masih ada jalur SNMPTN. Di jalur ini, biaya masuk hanya sekitar 19 juta, 4 kali lipat lebih murah daripada biaya di jalur PMDK. Jadi, belajar yang rajin biar bisa diterima lewat jalur ini. Lumayan kan bisa membantu meringankan beban orangtua kita.๐Ÿ™‚

Lalu, untuk biaya per semester. Di FK UJ biaya per-semester itu juga murah loh dibandingkan FK yang lain tentunya. Biaya disini untuk SPP 700 ribu, praktikum 1.250.000. Jadi, kalau di total, biaya persemester anak FK Universitas Jember adalah 1,9 juta.๐Ÿ™‚

Oke. Cukup sekian deh tulisannya.๐Ÿ˜€ Bagi temen-temen yang ingin masuk FK UJ *dulu namanya FK Unej, sekarang sudah diganti FK UJ* atau mau masuk FK Universitas lain, tetep bersemangat! Jika kalian yakin bisa, maka InsyaAllah kalian pasti bisa menjadi dokter. Kuncinya cukup belajar dengan sungguh-sungguh dan berdo’a.๐Ÿ˜€

Kalau ada pertanyaan, silahkan nulis di kolom komentar. Kalau saya ada waktu, diusahakan dibalas.๐Ÿ˜€

nb :
Tambahan, tanggal edit : 1 Mei 2016

Oke, banyak sekali yang bertanya disini, jadi sekalian saya jelaskan pertanyaan yang umum ditanyakan. Komentarnya sangat banyak, sehingga mungkin teman-teman sulit mengakses komen yang penting, jadi dirangkum deh.๐Ÿ™‚

bisa juga add official line devezzfil, di:

tmp_26158-Screenshot_2016-05-11-16-29-20_1286996814

  1. Siswa dari SMK/MA/SMK listrik/ atau sekolah apapun yang setara itu bisa masuk FK. Caranya bagaimana? Begini, ada banyak jalur, misalnya di jalur nasional ada SNMPTN, silakan daftar dan tanyakan ke guru BP bagaimana caranya soalnya berbeda-beda tiap tahun.
  2. Saya sudah berumur lebih dari 25 tahun, apakah bisa masuk FK? Bisa, kalo tidak salah di beberapa universitas swasta tidak ada batasan umur. Tapi, kalau di universitas negeri, batas usia saat daftar adalah 21 tahun.
  3. Saya gemuk, berkacamata, pendek, buta warna dkk? Begini,semua persyaratan itu sudah dijelaskan saat kalian mendaftar, jadi baca baik-baik syaratnya, kalau tidak teliti, bagaimana bisa menjadi dokter?
  4. Berapa uang pendaftaran UJ tahun 2013? pada tahun ini, uang pendaftaran semua jalur rata, yaitu 71 juta. Ada keringanan, bisa dicicil selama 3 semester, tapi nominalnya tidak bisa dikurangi.
  5. Apakah ada beasiswa atau daftar tanpa biaya? Ada, untuk daftar tanpa biaya hanya untuk mahasiswa yang benar-benar tidak mampu, ikut program bidik misi, silakan cari infonya sendiri dan bagaimana caranya soalnya saya kurang begitu mengerti, takutnya memberi informasi yang kurang akurat juga. Untuk beasiswa, ada bagi mahasiswa yang berprestasi dan juga kurang mampu.
  6. Bagaimana caranya bisa masuk FK? Apakah ada tips trik khusus? Caranya buat masuk FK ya Belajar, Rajin, Berdo’a dan Berusaha keras. Tidak ada trik khususnya.๐Ÿ™‚
  7. Saya ingin masuk FK, tapi ortu ngga punya biaya, nilai saya pas-pasan, ragu, dsb, bagaimana dong? Dimana ada kemauan disitu ada jalan, kalo memang mau berusaha, pasti bisa. Tapi kalo memang bener-bener terpojok masalah biaya, mending cari fakultas lain, toh sukses tidak hanya kalau kalian kuliah di FK saja.

Oke, Kalau kurang paham, boleh tanya kok, tapi jika ada pertanyaan yang sudah dijelaskan di post ini, mohon ma’af, tidak akan saya jawab, ya karena jawabannya sudah ada disini.๐Ÿ˜€ terimakasih sudah membaca blog saya.

About devezzfil

Hello World. I'm just a college student with normal habits. Go to college, learning, playing, and do others stuff that make me to be a better student. My hobby is surfing on internet, writing, and now i'm learning how to editing a photo. At all, I just same as you, a person who wanna live peacely. Have a good day!
This entry was posted in Healthy Inside, Story Line and tagged , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

1,621 Responses to Masuk Fakultas Kedokteran, Gimana Caranya Ya?

  1. Fauzi says:

    Kalo lulusan sma khusus ips apa bisamasuk fk

  2. Dosima novelin says:

    Kak klau msuk Fk itu harus jurusan apa Kak?
    Nilai nya harus brpa Kak?

  3. Nurul Istiqlaliyah Hasibuan says:

    kak, kira-kira adakah perbedaan penerimaan mahasiswa kedokteran antara kurikulum yang berbeda antar sekolah, sejak tahun 2013 beberapa sekolah pilihan menggunakan kurikulum 2013 namun sekolah lainnya yang tidak dipilih masih menggunakan ktsp 2006 ?

  4. annisa says:

    Kak kalau mau masuk dokter itu kita harus fokus belajar di mata pelajaran apa aja ya?

  5. Wulan Cahya says:

    Kak, banyak orang bilang masuk kedokteran ada tes keperawanan. Apa ia?

  6. daniel hefe says:

    Kak mau nanyak ni. Kalau dari SMK keperawatan bisa gax cari kedokteran atau masuk ke FK..?
    Please kak di balas ya..

  7. Sri juliana lestari says:

    Kak aku mau nnya kalo tes kesehatannya apa aja ya ka ? Trus tesnya detail kyk tes mau nyari polwan apa gimana ka ?
    Aku punya bekas luka di kaki dan ga bisa ilang juga ka apa itu gpp ?
    Tes kesehatannya kyk gmna aja ya ka ?
    Mohon dijawab pertanyaaaan ku yaaa ka

  8. hardianti says:

    Kak, uj it akreditasinya apa ka?
    Trus apa betul ada tes keperawanan untk msk kedokteran?

  9. R.A.G Tunjung Dewi says:

    kak pengen tanya kalau masuk FK itu tes kesehatannya apa saja kak kalau boleh tahu???…Tolong di jawab yah kak Pliease…berdasarkan pengalaman kaka…kak jawabnya di email ak RAG.Dewi02@gmail.com atau melalui sms aja biar jelas ke sini 085220588782

  10. Rahma Aqisfi says:

    Kalau dari SMF Yogyakarta, kuliahnya bisa masuk fakultas kedokteran tidak? karena, ada yang bilang bisa, ada juga yang bilang tidak

  11. sds says:

    ka ada ujian mandiri gak? terus kalau nilainya ada 75 . tapi ada 80nya juga sih bisa masuk gak?

  12. lince rahmasari says:

    Saya jurusan ips apa bisa jadi dokter

  13. Fadilah Fikriyatun Nabila Putri says:

    Kak, aku mau tanya nih, kan di situ penjelasannya jalur masuk kedokteran UJ cuman PMDK sama SNMPTN atau yang sekarang diubah jadi SNMPTN undangan sama SBMPTN, apa bener ga ada jalur ujian mandirinya gitu? Oh ya kak, kalok masuknya lewat jalur SBMPTN tetep harus bayar sumbangan nya kak?

  14. Adi saputra says:

    Kak saya mau tanya nih. Saya SMK jurusan Kimia industri. Apakah bisa saya masuk ke Universitas Jambi?

  15. anggie prathiwie says:

    Kak ips ad peluang dak masuk kedokteran pgn bgt masuk kedokteran .kls10 kmrn blm kepikiran mau masuk fk jd ambil ips .bales ya kak thankyou

  16. nifa says:

    Assalamualaikum kakaโ˜บ
    Kak, saya mau tanya tanya nih hehe. Saya sangat berminat untuk menjadi dokter. Nilai rata rata saya selama SMA 84, dan Alhamdulillah selalu masuk 10 besar. Tinggi saya 167 cm. Saya berminta untuk masuk FK UJ. Tapi, saya berasal dari sekolah di kabupaten Jawa Barat. Kira kira, bisa masuk ngga ya ka lewat PMDK atau SNMPTN? terimakasih

  17. Haya Rahmah says:

    Hai kak. Aku mau nanya sedikit penting.
    Kalau homeschooling bisa masuk fakultas kedokteran tidak? Tolong dijawab ya kak. Terimakasih๐Ÿ™‚

  18. elvina oktaviani says:

    Assalamualaikum kakak sebelumnya nama saya elvina kak .kak saya boleh nanya kan kak karna kakak anak fakultas kedokteran saya ini dlu bersekolah.di madrasah aliyah jurusan ips alias pengetahuan sosial kak.em yang saya mau tanyakan,saya ini ingin sekali menjadi seorang dokter,tapi saya gak tau gmana caranya saya kan anak ios pas saya lihat2 kok saya gag ngerti satupun ya kak,mohon donk kak sarannya apa karna saya belajar di ips dlu jadinya saya gak ngerti soal kedokteran.plis kak mohon jawabannya ya kak sekali lago trimakasih kak
    Assalamualaikum wr wb.

  19. ira angraeny says:

    Ka,bisa gk lulusan smk telekomedika Bogor jurusan farmasi masuk FK UJ

  20. riswandi says:

    Saya sekolah dismk jurusan perawat apakah saya bisa melanjutkan sekolah diFK, tolong dijawab ya kak

  21. Amelly says:

    Min, aku sekarang masih duduk di bangku SMP kelas 8.
    Tapi dari sejak sekarang, aku uda merencanakan mau menjadi apa kelak. Aku bertujuan untuk masuk FK. Untuk universitinya sih belum pasti.
    Aku bukan orang kaya dan aku juga mungkin bisa tergolong orang rendah, tapi aku ingin sekali bisa menjadi dokter.
    Untuk kelas 7 kemarin aku berhasil mendapat ranking 3, dan untuk kelas 8 ini aku berhasil mendapat ranking 5. Dari dulu sih ranking aku hanya berkisar 1-5 min. Untuk nilai MIPA aku rata-rata 8 sampai 10.
    Tapi sebenarnya kedua orangtua agak tidak setuju kalau aku masuk FK karena alasannya biaya yg mahal dan butuh waktu lama untuk menjadi dokter yang sah. Tapi aku benar-benar ingin bisa menjadi dokter dengan alasan aku ingin bisa menghabiskan waktuku dengan menyelamatkan banyak orang dan membantu mereka yang berkekurangan, tersingkir dan menderita.
    Guru IPS aku juga bilang kalau harapan dia adalah aku bisa menjadi dokter. Padahal aku tdk pernah memberitahunya cita2ku apa.
    Min, boleh saran gak apa yg harus aku lakuin? Oh ya min, untuk dapetin beasiswa caranya gimana ya min? Juga tolong jelasin ke aku, kalau sudah lulus SMA untuk masuk ke FK harus bagaimana? Dan bulan keberapa sudah mulai ikut pendaftaran? Mohon dijawab, terima kasih๐Ÿ˜Š๐Ÿ˜Š

  22. Amelly says:

    Min, aku sekarang masih duduk di bangku SMP kelas 8.
    Tapi dari sejak sekarang, aku uda merencanakan mau menjadi apa kelak. Aku bertujuan untuk masuk FK. Untuk universitinya sih belum pasti.
    Aku bukan orang kaya dan aku juga mungkin bisa tergolong orang rendah, tapi aku ingin sekali bisa menjadi dokter.
    Untuk kelas 7 kemarin aku berhasil mendapat ranking 3, dan untuk kelas 8 ini aku berhasil mendapat ranking 5. Dari dulu sih ranking aku hanya berkisar 1-5 min. Untuk nilai MIPA aku rata-rata 8 sampai 10.
    Tapi sebenarnya kedua orangtua agak tidak setuju kalau aku masuk FK karena alasannya biaya yg mahal dan butuh waktu lama untuk menjadi dokter yang sah. Tapi aku benar-benar ingin bisa menjadi dokter dengan alasan aku ingin bisa menghabiskan waktuku dengan menyelamatkan banyak orang dan membantu mereka yang berkekurangan, tersingkir dan menderita.
    Guru IPS aku juga bilang kalau harapan dia adalah aku bisa menjadi dokter. Padahal aku tdk pernah memberitahunya cita2ku apa.
    Min, boleh saran gak apa yg harus aku lakuin? Oh ya min, untuk dapetin beasiswa caranya gimana ya min? Juga tolong jelasin ke aku, kalau sudah lulus SMA untuk masuk ke FK harus bagaimana? Dan bulan keberapa sudah mulai ikut pendaftaran? Mohon dijawab, terima kasih๐Ÿ˜Š๐Ÿ˜Š๐Ÿ˜Š๐Ÿ˜Š

    • devezzfil says:

      belajat yang rajin aja dulu, nanti kalau nilaimu udah bagus, gampang tinggal pilih jurusan mana yang mau kamu ambil.

      jangan lupa berdoa dan minta restu orang tua.

  23. fadel says:

    Kak berapa tinggi jika msuk kedokteran.??

  24. xxsunshine11 says:

    kak masuk fk itu ada berapa macem testnya ?
    ada test wawancaranya juga di setiap universitas ?

  25. budi says:

    apakah masuk fakultas kedokteran dari IPS bisa ya…mohon enjelasannya.

    .

  26. kak kalo lulusan SMK kesehatan bisa masuk FK ngga…….??

  27. rezky says:

    kak nilai saya kecil cuma 83-86 apa masih punya peluang masuk fk

  28. Diva sapta says:

    Apakah anak ips dapat masuk kodekteran?

  29. Diyan says:

    Kak , adeku tidak sempurna tanganya dan juga kakinya , tapi hal itu tidak menggangu aktivitas nya , dia msih bsa ber aktivitas normal seperti org pada umumnya , apakah bisa masuk FK? Tolonh dijawab lewat email familyxyann@gmail.com

    • devezzfil says:

      ga sempurnanya gimana ya? bisa lebih spesifik?

      • Yan says:

        Iya kayak jari manis nya itu bengkok gitu kak? Trs kakinya itu kayak kelibihan tulanh gtu aja kak , tapi masih bisa melakukan aktivitas sprti manusia normal biasanya kak , apa bisa masuk FK?

      • devezzfil says:

        oh, bisa kok kalo cuma gitu aja.

      • Diyan says:

        Tapi salah satu dari jarinya kak, kayak yang kanan aja gitu , trs kakinya itu dua2 nya tapi ya msih sprti manusia normal pda umumnya dan slama ini sih gak prnh menganggu kegiatanya gtu, apa bisa ya masuk Fk?

  30. anisa ikhlasul says:

    Bagaimana klo di sekolah gk ada alumni yg msuk di FK?? Bagaimana universitas tsb untuk menilai kualitas sekolah kita???

    • devezzfil says:

      wah, itu urusan internal dari panitia, saya kurang mengerti masalah itu, yang penting usaha aja deh. atau ikut sbnmptn aja, yang diliat cuma nilai tes tulis aja.

  31. Natasya says:

    Kalau cuma berbekalan paket c apa bisa masuk universitas kedokteran?

  32. zahra safira says:

    Kak kalo masuk fakultas kedokteran gigi,materi pembelajaranya biasanya apa aja?

  33. inchy says:

    Kak, umur z skrg 27 tahun. Kira2 kampus FKG mana saja yg bisa terima tampa batasan umur?

  34. nabilla says:

    Kak aku mau tanya,tolong jwb ya kakโ˜บ.aku di SMA ngambil jurusan ips tpi keinginan menjadi dokter itu sangat tinggi.bahkan aku sampai ngambil pelajaran lintas minat biologi sama mtk.nilai lumayan bagus kak,tpi rangking naik turun.kadang dapet rangking 3 besar,kadang 5 besar kadang 10 besar.itu bisa memicu masuknya ke FK apa gk kak?? Takutnya kalau gk bisa masuk garaยฒ rangking naik turun. Mksih

  35. YOONHYE says:

    Kak, aku sekarang kelas X SMA tapi aku kepilih masuk di Bahasa. Kalo masuk FK bisa ngak?

  36. Inge says:

    Kak apakah anak IPS bisa masuk FK?

  37. Sih Ati says:

    Permisi bang, tolong bantuannya,
    saya sekarang udah naik ke kelas XII Mipa, nilai raport saya di tiap mapel itu dr sem1-4 ada yang turun naik tapi tidak sampai dibawah 7,5. Apa masih bisa ikut snmptn UGM? makasih untuk jawabannya bang. semoga jadi amal baik.

  38. Addin says:

    Kak mau nanya saya kan dari smk jurusan komputer saya ingin sekali masuk kuliah kedokteran kira kira bisa nggak kak
    Makasih

  39. Revi zahra fonna usi says:

    Ka aku kan masuk smk kesehatan terus klau mau masuk fakultas kedokteran bisa ga?

  40. Amalia Khoirun nisa says:

    Maaf saya pelajar d ponpes dan jurusan IPS paket C … Apa bisa masuk fak.kedokteran? Saya dari dulu pengen bnget d FK tapi karna orang tua saya pengen saya menghafal alquran makanya saya d ponpes.. Tapi akhir2 ini ortu ndukung banget d FK tapi saya bingung apakah bisa? Makasih

  41. adji says:

    Kalau gigi berlubang gimana kak?

  42. rima elisa says:

    Lulus D3 kebidanan bisa masuk di fk ugm????

  43. rina says:

    Assalamualaikum
    Kaka mau tanya. Kalo masuk FK bisa ngambik Bidik Misi kan?

  44. Fahrul rozi says:

    Jadi kak jika terdapat tato pada bagian tubuh, apa masih bisa masuk di universitas (USU)? 1 lagi kak, apa lagi hasil ujian un tahun 2016 ini kan sangat rendah2 sekali, apa masih ada peluang kak?

  45. Nabila Alivia Putri says:

    Kakak saya mau nanya..!! Saya duduk di kelas XI sekarang ,nah dulu kelas X smst 1 saya dapat peringkat yang cukup jelek. Tapi, smst berikutnya nilai saya meningkat (InsyaAllah)… Terus yg saya tanyakan nilai dari semester 1 ke smester 6 jika grafiknya meningkat apakah masih ada harapan untuk masuk ke FK??? ~Terima Kasih~

  46. Ahmad says:

    Saya ingin sekali sebenarnya masuk fk.. Tp sekarang saya terlanjur dapat beasiswa tp jurusan kesmas.. Bisakah besok setelah lulus s1 kesmas bisa daftar ke fk, tp umur besok bisa nyampek 22???

  47. Ayu Arditha says:

    Kak saya kls 3 sma, jurusan saya bahasa. apa saya bisa ambil FK?

  48. anin nuraeni says:

    permisi saya mau tanya.. saya sekarang sekolah di smk.. otomatis tidak punya basis biologi.. apa bisa saya kuliah ke fk?? trimakasih

  49. Yani says:

    Kalau yang memiliki keterbatasan jari tangannya, patah dan pendek tapi tidak mengurangi fungsu bergerak apakah bisa jadi dokter gigi?

Leave a Reply

