Masuk Fakultas Kedokteran, Gimana Caranya Ya?


Hei. Kembali lagi menulis. Kali ini tentang Fakultas Kedokteran atau yang nama kerennya itu FK.πŸ™‚ Ya, tidak bisa dipungkiri memang, fakultas yang satu ini *dan alhamdulillah saya berada disana :D* menjadi favorit diantara fakultas-fakultas lainnya. Tak heran, bagi yang ingin mendapatkan fakultas kedokteran harus berjuang dengan sunguh-sungguh agar cita-citanya tercapai. Jadi, masih minatkah kamu untuk menjadi dokter?

Oke, lanjut.πŸ™‚

Nah, tentu saja untuk masuk ke Fakultas Kedokteran itu harus dimulai sejak kita SMA, terutama kelas XII. Mengapa? Karena beberapa penilaian untuk bisa masuk lewat jalur PMDK atau persyaratan untuk mengikuti tesnya adalah mendapat rangking 1-5 di kelas XII. Jadi, bagi kalian yang masih

di kelas X atau XI dan ingin masuk FK, maka belajar yang rajin ya, dan usahakan mendapat 5 besar di kelas, so kemungkinan kalian bisa ikut tes PMDK FK akan semakin besar.

Itu kalau jalur PMDK, kalau jalur SNMPTN sih ngga terlalu banyak syaratnya, asal lulus UAN, sudah bisa ikut SNMPTN. Tapi kabarnya mulai tahun 2011 ini UAN itu bisa dipakai buat SNMPTN, jadi maksimalkan aja deh nilai SNMPTN kalian agar dapet nilai tertinggi dan kemungkinan masuk FK otomatis semakin besar.πŸ˜€

Oke, karena saya kuliah di Fakultas Kedokteran Universitas Jember, maka disini aku merincikan persyaratan atau syarat-syarat apa saja yang diperlukan untuk bisa masuk FK UJ ini. Oia, sebelumnya, hanya ada dua jalur masuk FK UJ, yaitu PMDK dan SNMPTN. Jadi, kalau kalian tidak masuk diantara itu, ya silakan mencoba tahun depan.πŸ™‚

  • Di jalur PMDK mungkin kalian tidak perlu memeras otak, hanya berbekal nilai kalian selama di SMA mulai dari kelas X sampai dengan kelas XII semester 2. Aspek yang dinilai adalah kualitas sekolah kalian di mata FK UJ, ini dinilai dari senior kalian yang ada disana, bagaimana nilai mereka, dan berbagai lainnya. Juga yang terpenting ya juara kelas apa ngga waktu kalian di SMA. Hmm, sertifikat-sertifikat tingkat nasional juga bisa menambah poin kalian, jadi bisa disertakan.πŸ™‚
  • Jalur SNMPTN beda lagi. Disini kalian harus mempelajari materi-materi SNMPTN, yaitu Bahasa Indonesia, Matematika, Bahasa Inggris, TPA, Fisika, Biologi, Kimia. Ya lumayan banyak, tapi masih bisa diusahakan kok. Kalau kalian berusaha, nothing impossible!

Nah, sekarang masalah biaya. Ini nih biasanya yang dicari-cari infonya. Biaya Kuliah di FK UJ bisa dibilang murah. Ya, murah jika dibandingkan dengan Fakultas Kedokteran UGM, Unair, UB, dkk. Bagi kalian yang diterima di jalur PMDK, mungkin harus membayar lebih daripada jalur SNMPTN. Di tahun 2010 kemarin, biayanya sekitar 75-150 juta. Tergantung kalian mau bayar berapa untuk nyumbangnya. Mungkin bagi sebagian orang uang 75 juta itu mahal, tapi jika masuk FK lain, biaya masuk jenis ini bisa sampai 500 juta. Wuhh.

Bagi kalian yang tidak punya uang berebih, jangan khawatir, masih ada jalur SNMPTN. Di jalur ini, biaya masuk hanya sekitar 19 juta, 4 kali lipat lebih murah daripada biaya di jalur PMDK. Jadi, belajar yang rajin biar bisa diterima lewat jalur ini. Lumayan kan bisa membantu meringankan beban orangtua kita.πŸ™‚

Lalu, untuk biaya per semester. Di FK UJ biaya per-semester itu juga murah loh dibandingkan FK yang lain tentunya. Biaya disini untuk SPP 700 ribu, praktikum 1.250.000. Jadi, kalau di total, biaya persemester anak FK Universitas Jember adalah 1,9 juta.πŸ™‚

Oke. Cukup sekian deh tulisannya.πŸ˜€ Bagi temen-temen yang ingin masuk FK UJ *dulu namanya FK Unej, sekarang sudah diganti FK UJ* atau mau masuk FK Universitas lain, tetep bersemangat! Jika kalian yakin bisa, maka InsyaAllah kalian pasti bisa menjadi dokter. Kuncinya cukup belajar dengan sungguh-sungguh dan berdo’a.πŸ˜€

Kalau ada pertanyaan, silahkan nulis di kolom komentar. Kalau saya ada waktu, diusahakan dibalas.πŸ˜€

nb :
Tambahan, tanggal edit : 1 Mei 2016

Oke, banyak sekali yang bertanya disini, jadi sekalian saya jelaskan pertanyaan yang umum ditanyakan. Komentarnya sangat banyak, sehingga mungkin teman-teman sulit mengakses komen yang penting, jadi dirangkum deh.πŸ™‚

bisa juga add official line devezzfil, di:

tmp_26158-Screenshot_2016-05-11-16-29-20_1286996814

  1. Siswa dari SMK/MA/SMK listrik/ atau sekolah apapun yang setara itu bisa masuk FK. Caranya bagaimana? Begini, ada banyak jalur, misalnya di jalur nasional ada SNMPTN, silakan daftar dan tanyakan ke guru BP bagaimana caranya soalnya berbeda-beda tiap tahun.
  2. Saya sudah berumur lebih dari 25 tahun, apakah bisa masuk FK? Bisa, kalo tidak salah di beberapa universitas swasta tidak ada batasan umur. Tapi, kalau di universitas negeri, batas usia saat daftar adalah 21 tahun.
  3. Saya gemuk, berkacamata, pendek, buta warna dkk? Begini,semua persyaratan itu sudah dijelaskan saat kalian mendaftar, jadi baca baik-baik syaratnya, kalau tidak teliti, bagaimana bisa menjadi dokter?
  4. Berapa uang pendaftaran UJ tahun 2013? pada tahun ini, uang pendaftaran semua jalur rata, yaitu 71 juta. Ada keringanan, bisa dicicil selama 3 semester, tapi nominalnya tidak bisa dikurangi.
  5. Apakah ada beasiswa atau daftar tanpa biaya? Ada, untuk daftar tanpa biaya hanya untuk mahasiswa yang benar-benar tidak mampu, ikut program bidik misi, silakan cari infonya sendiri dan bagaimana caranya soalnya saya kurang begitu mengerti, takutnya memberi informasi yang kurang akurat juga. Untuk beasiswa, ada bagi mahasiswa yang berprestasi dan juga kurang mampu.
  6. Bagaimana caranya bisa masuk FK? Apakah ada tips trik khusus? Caranya buat masuk FK ya Belajar, Rajin, Berdo’a dan Berusaha keras. Tidak ada trik khususnya.πŸ™‚
  7. Saya ingin masuk FK, tapi ortu ngga punya biaya, nilai saya pas-pasan, ragu, dsb, bagaimana dong? Dimana ada kemauan disitu ada jalan, kalo memang mau berusaha, pasti bisa. Tapi kalo memang bener-bener terpojok masalah biaya, mending cari fakultas lain, toh sukses tidak hanya kalau kalian kuliah di FK saja.

Oke, Kalau kurang paham, boleh tanya kok, tapi jika ada pertanyaan yang sudah dijelaskan di post ini, mohon ma’af, tidak akan saya jawab, ya karena jawabannya sudah ada disini.πŸ˜€ terimakasih sudah membaca blog saya.

About devezzfil

Hello World. I'm just a college student with normal habits. Go to college, learning, playing, and do others stuff that make me to be a better student. My hobby is surfing on internet, writing, and now i'm learning how to editing a photo. At all, I just same as you, a person who wanna live peacely. Have a good day!
This entry was posted in Healthy Inside, Story Line and tagged , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

1,626 Responses to Masuk Fakultas Kedokteran, Gimana Caranya Ya?

  1. agus says:

    kak mau nanya ijasahnya smk perhotelan ingin masuk falkultas kedokteran bagaimana caranya

  2. Silvia Laeli says:

    Kak, kalau gigi aku ga rapih bisa ga masuk FK? Please bales kak

  3. Rio says:

    kak kalau lulusan smk keperawatan ngelanjutin kuliah kedokteran bisa apa kagak…?
    Tolong jawabannya kak..
    Terima kasih

  4. nuraini says:

    Kak sya mau tanya kalau misalkan saya lulusan smk keperawatan kira2 peluang untuk masuk fk berapa persen ya kak??, bagaimana cara masuknya ya kak? Terimakasih

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s