Fakta tentang Mata Kita


Banyak beredarnya mitos-mitos seputar kesehatan mata bisa menimbulkan kerancuan.

Salah kaprah mengenai mitos-mitos tersebut bisa menyebabkan kerusakan mata serius, bahkan kebutaan.  Meluruskan mitos-mitos seputar kesehatan mata tersebut, dr Ferdiriva Hamzah SpM, dokter mata dari Jakarta Eye Center akan membahasnya di sini.

Iritasi atau keluhan pada mata bisa disembuhkan dengan basuhan rebusan daun sirih.

Kepercayaan ini salah besar dan malah bisa berakibat fatal. Daun sirih umumnya mengandung jamur dan jika kornea mata yang dibasuh rebusan daun sirih tersebut sedang terluka, jamur bisa tumbuh disana. Infeksi jamur bisa menyebabkan infeksi  kornea mata sehingga bisa mengakibatkan kebutaaan.

Minus pada mata bisa hilang dengan minum jus wortel teratur.

Anggapan ini tidak tepat. Meski vitamin A baik untuk sel saraf mata, namun tidak ada hubungannya dengan mata minus ataupun silinder. Mata minus atau silinder terjadi akibat kelainan anatomis seperti sumbu bola mata yang memanjang, kelainan kelengkungan kornea dan sebagainya  sehingga mengakibatkan sinar jatuh tidak tepat di retina. Hal ini umumnya bersifat keturunan/genetik. Konsumsi vitamin apapun tidak akan mengoreksi keadaan tersebut, baik minus maupun silinder hanya bisa disembuhkan dengan operasi, baik LASIK ataupun operasi lensa tanam.

Menonton televisi terlalu dekat bisa merusak mata.

Jika seorang anak menonton televisi dari jarak sangat dekat patut dicurigai kalau anak tersebut malah sudah mengalami kerusakan mata sehingga pandangan jarak jauhnya terganggu. Menurut penelitian, memang,  melihat terlalu dekat dengan waktu lama seperti bermain video game pada anak dapat memicu timbulnya minus mata karena sumbu bola mata memanjang bisa terjadi karena factor lingkungan, namun pada usia 18 tahun ke atas umumnya perkembangan bola mata sudah berhenti sehingga menonton TV terlalu dekat, membaca dalam keremangan, bermain video game akan memicu mata lelah bahkan buram, namun tidak permanen. Obatnya hanya dengan istirahatkan mata, maka akan berfungsi normal kembali.

Pakai kacamata atau lensa kontak dapat menambah minus atau silinder mata.

Tidak benar. Kacamata adalah alat bantu penglihatan agar sinar jatuh tepat pada retina. Pemakaian kacamata atau lensa kontak tidak  berpengaruh pada penambahan ataupun pengurangan minus maupun silinder. Jika sudah terjadi keluhan penglihatan sebaiknya memakai kacamata atau lensa kontak sesuai dengan anjuran dokter. Minus tetap dapat naik walau kacamata dipakai atau dilepas.

Katarak bisa disembuhan dengan obat.

Saat ini banyak penawaran obat yang menjanjikan dapat mengobati atau menghilangkan katarak tanpa operasi. Iklan semacam ini sangat menyesatkan karena sampai saat ini belum ada satu obat pun yang bisa menyembuhkan katarak. Katarak hanya dapat dihilangkan lewat operasi.

Jangan melihat bayi dari atas kepalanya karena akan mengakibatkan mata juling.

Tidak benar. Juling atau strabismus terjadi akibat kelainan otot, saraf mata, atau ada penyakit yang menyertai seperti katarak kongenital, tumor mata, dan sebagainya. Jadi tidak ada hubungannya dengan kebiasaan bayi melihat atau salah gendong. Segera periksakan ke dokter mata begitu orang tua menemukan kelainan kedudukan bola mata pada anak sebelum terlambat sehingga menyebabkan mata malas yang tidak dapat dikoreksi lagi dengan alat bantu penglihatan seperti kacamata atau lensa kontak.

Lensa kontak bisa salah masuk sampai ke belakang mata

Bola mata kita dibatasi oleh selaput mata yakni konjungtiva sehingga lensa kontak tidak dapat masuk sampai ke belakang bola mata.

Semua obat tetes mata adalah sama untuk semua jenis penyakit mata.

Ini sangat tidak benar dan berbahaya. Banyak orang yang datang ke apotek dan membeli obat tanpa diperiksa dokter mata terlebih dahulu. Diagnosis untuk penyakit mata itu banyak sekali. Bahkan mata merah saja bisa bermacam-macam penyakitnya dan masing-masing obatnya berbeda. Efek obat yang salah justru dapat memperparah penyakit mata, misalnya obat tetes yang mengandung steroid tanpa pengawasan dokter justru akan membuat peninggian tekanan bola mata sehingga dapat terjadi glaukoma dan mengancam penglihatan secara permanen.

Jika mempunyai keluhan pada mata sebaiknya diperiksakan dulu ke dokter mata. Tidak boleh membeli obat tetes mata sembarangan karena justru akan menimbulkan kerugian pada mata anda.

Sumber : http://tanyadoktermata.tumblr.com/post/64871660149/tentang-mitos-mata

About devezzfil

Hello World. I'm just a college student with normal habits. Go to college, learning, playing, and do others stuff that make me to be a better student. My hobby is surfing on internet, writing, and now i'm learning how to editing a photo. At all, I just same as you, a person who wanna live peacely. Have a good day!
This entry was posted in Story Line and tagged , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s