Cara Cerdas Memilih Fakultas Kedokteran!


Oke. :) Karena banyak sekali yang berkomentar tentang yang namanya FK atau Fakultas Kedokteran, maka disini saya share list FK yang ada di Indonesia, baik yang negeri maupun yang swasta. Banyak sekali pilihan untuk masuk FK, tapi jangan sampai salah pilih loh. Pilihlah dengan pertimbangan yang matang, bukan hanya sekedar asal masuk FK.

Pertimbangan yang patut diperhitungkan dalam memilih sebuah perguruan tinggi, khususnya FK menurut saya:

  1. Biaya. Absolutely! Masalah awal dalam masuk FK adalah ini. Jadi kita harus cermat memilih FK mana yang biayanya murah namun fasilitasnya WAH! Keren kan. Soalnya ada juga yang biayanya mahal tapi fasilitasnya nihil.
  2. Passing Grade. Eits, jangan salah. Kualitas FK tidak selalu ditentukan oleh passing gradenya loh. Kalo bisa, kita memilih FK dengan PG yang sesuai dengan kemampuan kita. Syukur kalo kita termasuk anak jenius yang bisa dapet PG gede. Tapi bagi kalian yang pas-pasan teknik ini cukup memberikan peluang lebih besar bisa masuk FK.
  3. Negeri/Swasta. Yep. Permasalahan antara negeri dan swasta ini bukan masalah kualitas sih, tapi lebih ke biaya. Kebanyakan FK swasta itu lebih mahal berkali-kali lipat daripada yang negeri. So, kalo mau masuk FK swasta ya silakan saja asal kita sadar sejauh mana kemampuan ortu kita mengeluarkan biaya untuk sekolah anaknya di FK.
  4. Letak. Yang dimaksud letak disini adalah di daerah yang urban ataukah pedesaan. Ini berkaitan dengan biaya hidup kita sehari-hari. Kalo di FK yang daerahnya cukup murah, seperti di UB, malang, otomatis biaya kita lebih hemat, baik sewa kos, ataupun buat beli makanan sehari-hari. Dan kalo misalnya itu di Jakarta, bisa dibayangkan bedanya cukup berarti.
  5. Do’a. Hei, jangan remehkan do’a. :) Coba deh, setiap ketemu orang kalian bilang “mas, mbak, pak, bu, do’akan saya agar bisa masuk FK UJ ya!” Nah, dengan selalu mengulang-ulang cita-cita kita, secara tidak langsung kita terpacu. Karena sudah berjanji dengan orang banyak, malu dong kalo kita ngga keterima di FK. Ditambah lagi, do’a yang tulus dari banyak orang bisa saja membuat kita bisa menjawab soal yang tidak bisa dijawab oranglain. Ngga ada salahnya dong dicoba. :D

Ya, sebenernya bukan hanya 5 poin itu aja yang bisa dibuat sebagai pertimbangan. Banyak. Namun menurut saya, 5 poin itu bisa mewakili semuanya. Intinya sih, cerdas dan cermatlah dalam memilih Fakultas yang akan menjadikan kita menjadi seorang dokter. Agar generasi kita selanjutnya akan membuat Indonesia lebih sehat daripada negara manapun. Amiiin. :)

Oya, ini saya copas dari wikipedia tentang semua FK di Indonesia, baik yang negeri maupun yang swasta. :) Selamat membaca. Semoga kalian bisa diterima di FK!

Sekolah kedokteran atau fakultas kedokteran adalah sebuah institusi pendidikan tertiari atau bagian dari institusi tersebut, yang terlibat dalam pendidikan pelaku medis masa depan menjadi seorang dokter.

Fakultas kedokteran di Indonesia terdapat pada perguruan tinggi negeri maupun swasta. Berikut adalah daftar universitas yang memiliki fakultas kedokteran:

  • Nanggroe Aceh Darussalam
    • Universitas Syiah Kuala, Banda Aceh
    • Universitas Abulyatama, Aceh Besar
    • Universitas Malikussaleh , Lhokseumawe
  • Batam
    • Universitas Batam, Kota Batam
  • Riau
    • Universitas Abdurab, Riau
    • Universitas Riau, Pekanbaru
  • Bengkulu
    • Universitas Bengkulu, Bengkulu
  • Jambi
    • Universitas Jambi, Jambi
  • Sumatera Utara
    • Universitas Sumatera Utara, Medan
    • Universitas Islam Sumatera Utara, Medan
    • Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara,Medan
    • Universitas Methodist Indonesia, Medan
    • Universitas HKBP Nommensen, Medan
    • Universitas Prima Indonesia, Medan
  • Sumatera Barat
    • Universitas Andalas, Padang
    • Universitas Baiturrahmah, Padang
  • Sumatera Selatan
    • Universitas Sriwijaya, Palembang
    • Universitas Muhammadiyah Palembang , Palembang
  • Lampung
    • Universitas Lampung, Bandar Lampung
    • Universitas Malahayati, Bandar Lampung
  • DKI Jakarta
    • Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya, Jakarta
    • Universitas Indonesia, Jakarta
    • Universitas Kristen Krida Wacana, Jakarta
    • Universitas Kristen Indonesia, Jakarta
    • Universitas Muhammadiyah Jakarta, Jakarta
    • Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah, Jakarta
    • Universitas Pembangunan Nasional Veteran, Jakarta
    • Universitas Tarumanagara, Jakarta
    • Universitas Trisakti, Jakarta
    • Universitas YARSI, Jakarta
  • Banten
    • Universitas Pelita Harapan, Tangerang
  • Jawa Barat
    • Universitas Kristen Maranatha, Bandung
    • Universitas Padjajaran, Bandung
    • Universitas Jenderal Ahmad Yani, Bandung
    • Universitas Islam Bandung, Bandung
    • Universitas Swadaya Gunung Jati, Cirebon
  • Jawa Tengah
    • Universitas Jenderal Soedirman, Purwokerto
    • Universitas Diponegoro, Semarang
    • Universitas Islam Sultan Agung, Semarang
    • Universitas Muhammadiyah Semarang, Semarang
    • Universitas Muhammadiyah Surakarta, Surakarta
    • Universitas Negeri Sebelas Maret, Surakarta
  • Yogyakarta
    • Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta
    • Universitas Kristen Duta Wacana, Yogyakarta
    • Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Yogyakarta
    • Universitas Islam Indonesia, Yogyakarta
  • Jawa Timur
    • Universitas Airlangga, Surabaya
    • Universitas Hang Tuah, Surabaya
    • Universitas Wijaya Kusuma, Surabaya
    • Universitas Brawijaya, Malang
    • Universitas Muhammadiyah Malang, Malang
    • Universitas Islam Malang, Malang
    • Universitas Jember, Jember
  • Bali
    • Universitas Udayana, Denpasar
    • Universitas Warmadewa, Tanjung Bungkak
  • Nusa Tenggara Barat
    • Universitas Mataram, Mataram
    • Universitas Islam Al Azhar , Mataram
  • Nusa Tenggara Timur
    • Universitas Nusa Cendana , Kupang
  • Kalimantan Barat
    • Universitas Tanjungpura, Pontianak
  • Kalimantan Selatan
    • Universitas Lambung Mangkurat, Banjarmasin
  • Kalimantan Timur
    • Universitas Mulawarman, Samarinda
  • Sulawesi Utara
    • Universitas Sam Ratulangi, Manado
  • Sulawesi Tengah
    • Universitas Tadulako, Palu
    • Universitas Al-Khairat , Palu
  • Sulawesi Selatan
    • Universitas Hasanuddin, Makassar
    • Universitas Muslim Indonesia, Makassar
    • Universitas Muhammadiyah Makassar, Makassar
  • Sulawesi Tenggara
    • Universitas Haluoleo, Kendari
  • Maluku
    • Universitas Pattimura, Ambon
  • Papua
    • Universitas Cendrawasih, Jayapura

About devezzfil

Hello World. I'm just a college student with normal habits. Go to college, learning, playing, and do others stuff that make me to be a better student. My hobby is surfing on internet, writing, and now i'm learning how to editing a photo. At all, I just same as you, a person who wanna live peacely. Have a good day!
This entry was posted in Healthy Inside and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink.

339 Responses to Cara Cerdas Memilih Fakultas Kedokteran!

  1. intan says:

    bls kaaaaaaaa

  2. josua says:

    tolong dibalas kak

  3. octario says:

    kak aku mau tanya cara menghitung passing grade gmana y

  4. octario says:

    kak aku pengen bnget jd dokter tapii para guru nggak dukung…btw kk ad gk fk
    untuk pilihan no 3..yg passing gradenya kecil

    • Prima says:

      Coba disesuain sama kemampuan..
      dan maunya daerah mana..
      kalo daerah jawa FK Unsoed sama FK Unej lumayan kecil..
      tapi jngan ngandalin pilihan ke-3..
      soalnya plihan ke-3 jarang dapet..
      paling enggak tarok di pilihan ke-2..
      itu spengetahuan saya..
      semoga membantu..

  5. sukarni says:

    D atas kan kk jelasinbahwasanx kualitas sklh jg mnentukan. Tpy sklh sya hnya sklh biasa2 sj. Tpy untk prstsi sya alhmdllh sya dpt rangking 1-2 gmna tuch kk.

  6. frida says:

    kak klo fk unej,fkg unej, dan fk upn veteran sebaiknya pilihan yg pertatama yg mn ya
    aku bingung

  7. Situs ini sangat bermanfa’at … trimakasih banyak kak… sekarang ini lulusan FK Hewan juga sangat dibutuhkan sekali … good luck anandaku semua…

  8. Biias Biiangllalla says:

    Kak. Kalo misalnya lulusan smk lanjut ke FK bisa kah ?
    #Rsvp

  9. kak kalo lulusan dari smk jurusan tkj masuk FK bisa tidak ? mohon jawabanya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s