Cara Cerdas Memilih Fakultas Kedokteran!


Oke. :) Karena banyak sekali yang berkomentar tentang yang namanya FK atau Fakultas Kedokteran, maka disini saya share list FK yang ada di Indonesia, baik yang negeri maupun yang swasta. Banyak sekali pilihan untuk masuk FK, tapi jangan sampai salah pilih loh. Pilihlah dengan pertimbangan yang matang, bukan hanya sekedar asal masuk FK.

Pertimbangan yang patut diperhitungkan dalam memilih sebuah perguruan tinggi, khususnya FK menurut saya:

  1. Biaya. Absolutely! Masalah awal dalam masuk FK adalah ini. Jadi kita harus cermat memilih FK mana yang biayanya murah namun fasilitasnya WAH! Keren kan. Soalnya ada juga yang biayanya mahal tapi fasilitasnya nihil.
  2. Passing Grade. Eits, jangan salah. Kualitas FK tidak selalu ditentukan oleh passing gradenya loh. Kalo bisa, kita memilih FK dengan PG yang sesuai dengan kemampuan kita. Syukur kalo kita termasuk anak jenius yang bisa dapet PG gede. Tapi bagi kalian yang pas-pasan teknik ini cukup memberikan peluang lebih besar bisa masuk FK.
  3. Negeri/Swasta. Yep. Permasalahan antara negeri dan swasta ini bukan masalah kualitas sih, tapi lebih ke biaya. Kebanyakan FK swasta itu lebih mahal berkali-kali lipat daripada yang negeri. So, kalo mau masuk FK swasta ya silakan saja asal kita sadar sejauh mana kemampuan ortu kita mengeluarkan biaya untuk sekolah anaknya di FK.
  4. Letak. Yang dimaksud letak disini adalah di daerah yang urban ataukah pedesaan. Ini berkaitan dengan biaya hidup kita sehari-hari. Kalo di FK yang daerahnya cukup murah, seperti di UB, malang, otomatis biaya kita lebih hemat, baik sewa kos, ataupun buat beli makanan sehari-hari. Dan kalo misalnya itu di Jakarta, bisa dibayangkan bedanya cukup berarti.
  5. Do’a. Hei, jangan remehkan do’a. :) Coba deh, setiap ketemu orang kalian bilang “mas, mbak, pak, bu, do’akan saya agar bisa masuk FK UJ ya!” Nah, dengan selalu mengulang-ulang cita-cita kita, secara tidak langsung kita terpacu. Karena sudah berjanji dengan orang banyak, malu dong kalo kita ngga keterima di FK. Ditambah lagi, do’a yang tulus dari banyak orang bisa saja membuat kita bisa menjawab soal yang tidak bisa dijawab oranglain. Ngga ada salahnya dong dicoba. :D

Ya, sebenernya bukan hanya 5 poin itu aja yang bisa dibuat sebagai pertimbangan. Banyak. Namun menurut saya, 5 poin itu bisa mewakili semuanya. Intinya sih, cerdas dan cermatlah dalam memilih Fakultas yang akan menjadikan kita menjadi seorang dokter. Agar generasi kita selanjutnya akan membuat Indonesia lebih sehat daripada negara manapun. Amiiin. :)

Oya, ini saya copas dari wikipedia tentang semua FK di Indonesia, baik yang negeri maupun yang swasta. :) Selamat membaca. Semoga kalian bisa diterima di FK!

Sekolah kedokteran atau fakultas kedokteran adalah sebuah institusi pendidikan tertiari atau bagian dari institusi tersebut, yang terlibat dalam pendidikan pelaku medis masa depan menjadi seorang dokter.

Fakultas kedokteran di Indonesia terdapat pada perguruan tinggi negeri maupun swasta. Berikut adalah daftar universitas yang memiliki fakultas kedokteran:

  • Nanggroe Aceh Darussalam
    • Universitas Syiah Kuala, Banda Aceh
    • Universitas Abulyatama, Aceh Besar
    • Universitas Malikussaleh , Lhokseumawe
  • Batam
    • Universitas Batam, Kota Batam
  • Riau
    • Universitas Abdurab, Riau
    • Universitas Riau, Pekanbaru
  • Bengkulu
    • Universitas Bengkulu, Bengkulu
  • Jambi
    • Universitas Jambi, Jambi
  • Sumatera Utara
    • Universitas Sumatera Utara, Medan
    • Universitas Islam Sumatera Utara, Medan
    • Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara,Medan
    • Universitas Methodist Indonesia, Medan
    • Universitas HKBP Nommensen, Medan
    • Universitas Prima Indonesia, Medan
  • Sumatera Barat
    • Universitas Andalas, Padang
    • Universitas Baiturrahmah, Padang
  • Sumatera Selatan
    • Universitas Sriwijaya, Palembang
    • Universitas Muhammadiyah Palembang , Palembang
  • Lampung
    • Universitas Lampung, Bandar Lampung
    • Universitas Malahayati, Bandar Lampung
  • DKI Jakarta
    • Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya, Jakarta
    • Universitas Indonesia, Jakarta
    • Universitas Kristen Krida Wacana, Jakarta
    • Universitas Kristen Indonesia, Jakarta
    • Universitas Muhammadiyah Jakarta, Jakarta
    • Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah, Jakarta
    • Universitas Pembangunan Nasional Veteran, Jakarta
    • Universitas Tarumanagara, Jakarta
    • Universitas Trisakti, Jakarta
    • Universitas YARSI, Jakarta
  • Banten
    • Universitas Pelita Harapan, Tangerang
  • Jawa Barat
    • Universitas Kristen Maranatha, Bandung
    • Universitas Padjajaran, Bandung
    • Universitas Jenderal Ahmad Yani, Bandung
    • Universitas Islam Bandung, Bandung
    • Universitas Swadaya Gunung Jati, Cirebon
  • Jawa Tengah
    • Universitas Jenderal Soedirman, Purwokerto
    • Universitas Diponegoro, Semarang
    • Universitas Islam Sultan Agung, Semarang
    • Universitas Muhammadiyah Semarang, Semarang
    • Universitas Muhammadiyah Surakarta, Surakarta
    • Universitas Negeri Sebelas Maret, Surakarta
  • Yogyakarta
    • Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta
    • Universitas Kristen Duta Wacana, Yogyakarta
    • Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Yogyakarta
    • Universitas Islam Indonesia, Yogyakarta
  • Jawa Timur
    • Universitas Airlangga, Surabaya
    • Universitas Hang Tuah, Surabaya
    • Universitas Wijaya Kusuma, Surabaya
    • Universitas Brawijaya, Malang
    • Universitas Muhammadiyah Malang, Malang
    • Universitas Islam Malang, Malang
    • Universitas Jember, Jember
  • Bali
    • Universitas Udayana, Denpasar
    • Universitas Warmadewa, Tanjung Bungkak
  • Nusa Tenggara Barat
    • Universitas Mataram, Mataram
    • Universitas Islam Al Azhar , Mataram
  • Nusa Tenggara Timur
    • Universitas Nusa Cendana , Kupang
  • Kalimantan Barat
    • Universitas Tanjungpura, Pontianak
  • Kalimantan Selatan
    • Universitas Lambung Mangkurat, Banjarmasin
  • Kalimantan Timur
    • Universitas Mulawarman, Samarinda
  • Sulawesi Utara
    • Universitas Sam Ratulangi, Manado
  • Sulawesi Tengah
    • Universitas Tadulako, Palu
    • Universitas Al-Khairat , Palu
  • Sulawesi Selatan
    • Universitas Hasanuddin, Makassar
    • Universitas Muslim Indonesia, Makassar
    • Universitas Muhammadiyah Makassar, Makassar
  • Sulawesi Tenggara
    • Universitas Haluoleo, Kendari
  • Maluku
    • Universitas Pattimura, Ambon
  • Papua
    • Universitas Cendrawasih, Jayapura
About devezzfil

Hello World. I'm just a college student with normal habits. Go to college, learning, playing, and do others stuff that make me to be a better student. My hobby is surfing on internet, writing, and now i'm learning how to editing a photo. At all, I just same as you, a person who wanna live peacely. Have a good day!
This entry was posted in Healthy Inside and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink.

302 Responses to Cara Cerdas Memilih Fakultas Kedokteran!

  1. valencia says:

    Berarti mending milih daftar dimana ini kak?

    Trus kan kakak di komen2 atas banyak pilihin UJ ya, ntar kalo pada ke UJ semua yg pinter2, yg biasa aja mau daftar ga kebagian dong :s

  2. valencia says:

    Kalo tentang FKG gimana kak?

  3. Selva Driyanti says:

    Assallamuaalaaikum , kakaa :’) aku pngen tanya , sumpaah Citacita sy tuh darri SD pengennya jadi Dokter :( , trus aku SMA jrusan IPS , pngennya IPA :( tapi guru kimia aku nyebelin bnget :( aku udah ngehadap brpa kali pen mau msuk IPA , tapi ktanya gk bsa pindah :’( yaa aallah :(
    Ka apa bisa di Trisakti , Nerima IPS msuk kedokteran :’) :( ,,? Infonya yah kaka , trus skrng aku udah di jogja , ambil jrusan Perawat , tapi pngennya mau nyobain Tahun depan insya allah , pengen Masuk Kedok kaka :( , ya allaah tolong jawab yah kaka

  4. Farrah says:

    Kalo di ubaya ada FK ga?

  5. sony says:

    assalamu’alaium,
    ka mau tanya nich fakultas kedokteran yang “BEST QUALITY” tpi biaya terjangkau mana ya khususnya daerah jateng PTN/PTS makasih infonya!!!

  6. ina says:

    mba mau tanya fk yang best quality tapi biaya terjangkau mana ya khususnya jakarta PTN/PTS. Krn anak saya tahun depan mau cari FK,tk

  7. Kak, aku tahun ini ga diterima di FK terus aku rncana ambil jurusan lain di salah satu PTN, nah kalo taun depan daftar fk lagi apa boleh ya kak yaa?

  8. nabnab says:

    assalamualaikum kak:D
    mau nanya nih. emang bener ya kak FK-UGM lebih bagus dari FK-UI? katanya denger2 peralatan kedokteran di UGM lebih modern. ini baru denger2 nih kak. kalo dari segi kualitas dan tersedia beasiswa bagi dokter muda, lebih banyak UGM atau UI? karena ada yg bilang dokter muda FK-UI yg meraih gelar Cum Laude dan segudang prestasi internasional lain nyari beasiswa sendiri kak. emang bener ya kak nggak ada beasiswa dari universitas? maksudnya walaupun ada tapi kurang. makasih kak:D
    wassalamualaikum

    • devezzfil says:

      setiap FK ada kekurangan dan kelebihan masing”.
      seperti semuanya, hanya beda tipis kok.

      jadi yang penting itu kamu masuk FK dan berusahalah menjadi dokter. :)

  9. Prima says:

    Kak uwk sma unisma bgus mana?
    trus uang msuknya masing2 brapa?
    makasi..

  10. kirana says:

    please help,…. lg bingung nih mau pilih yang mana????
    1. atmajaya udah bayar cicilan hampir 100juta. untuk selesai pendidikan butuh sekitar 430 jt
    2. undip jalur smptn biaya per semester 18.5 jt total biaya pendidikan sekitar 240 jt + 100 jt biaya hidup
    3. ugm international biaya per semester 40 jt. total 460 jt + biaya hidup 100 jt
    pilihannya:
    1. tetap lanjut di atmajaya (biar kgk hilang uang cicilannya dan hemat biaya hidup juga karena ortu di jakarta)
    2. undip (biaya kuliah lebih murah)
    3. ugm (kualitas pendidikannya paling baik???)

  11. Reza suci says:

    Malm kak. Kak., klu untk jrusan smk or stm bsa g y kak msuk kdktran. Tp ini sya uda kuliah di anals kshtan swsta, pgen skali msk kdktran stla lu2s anlis. Brapa y kak biaya kdktran ?

  12. yolanda says:

    assalamualaikum…. kak dari dulu aku bercita2 menjadi dokter, dan aku adalah santriwati lulusan dari salah satu pondok pesantren di lombok. aku merasa kalo kemampuan ipa yg aku dapatkan dari ponpesku jauh kurangnya dari anak2 lain yg sekolah di SMA dan kemaren aku udah pergi coba tes ke jogja di uii dan umy(sebelum UN 2013), sebelum itu aku ambil bimbel private class cuma 4 hari sebagai perkenalan soal masuk univ. pada saat bimbel itu aku merasa sangat bodoh, karna aku lebih banyak nggak ngerti ama penjelasan guru2 itu. kemudian aku tes dan pada saat tes aku kebingungan, materi2 ini aku belum diajarkan di ponpesku. aku memang juara kelas di ponpesku tapi materi ini aku belum diajarkan. dan ternyata hasilnya gagal. aku balik ke lombok dan memfokuskan diri untuk UN. setelah UN aku ambil bimbel buat masuk univ. dan lagi kejadian itu. aku bingung ama apa yang dijelaskan karna tidak dari awal. pada saat tes sbmptn aku hanya menjawab yang aku bisa dan sedikit mengarang. dan hasilnya aku gagal di fk aku dapet pil. ke 3, pdd bio unram. aku di paksa nyoba di poltekes mataram dan aku lulus di analis, tapi harapan dan doaku tak pernah putus untuk masuk fk, pdd bio aku tinggalkan, aku berencana masuk lewat mandiri santri unram, pada saat tes aku bisa hanya beberapa, dan sisanya karangan dan kosong. jika aku tidak lulus fk ini aku berencana ambil poltekes, dan hasilnya ternyata aku beruntung, aku lulus di mandiri santri unram. aku merasa seneng banget ternyata Allah mendengar doaku tapi aku merasa takut mengingat diriku yang kurang di kemampuan ipa, walaupun aku sdh bimbel tapi tetep aku masih merasa kurang, aku takut nanti di fk aku orang yang paling bodoh. tidak mengerti apa yang dijelaskan dosen. kak beri aku solusi untuk menghilangkan rasa takutku, beri aku motivasi supaya rasa takut dan minderku hilang…

    terimakasih dan maaf kepanjangan…

    oya.yolanda@gmail.com ini emailku kak… mohon sarannya
    wassalamualaikum

    • devezzfil says:

      wah,
      sebelumnya selamat ya, sudah bisa menembus sulitnya masuk FK.

      begini,
      ada kisah menarik yang mungkin kamu lupakan, kisah tentang bagaimana seseorang dapat berjalan.

      fase berjalan dari setiap anak itu berbeda beda, ada yang baru umur 8 bulan sudah bisa berjalan.
      ada yang umur 1 tahun bisa berjalan, dan bahkan saya sendiri termasuk anak yang lambat berjalan, yaitu umur 2 tahun baru bisa berjalan.

      setelah bisa berjalan, apa yang ditakutkan?
      kita bisa memodifikasi berjalan itu menjadi berlari. bisa merubah berjalan menjadi meloncat.
      sebuah perkembangan yang alamiah yang sebenarnya membutuhkan perjuangan dari sebuah manusia yang memang berbakat untuk itu.

      karena, tidak semua orang bisa berjalan. tidak semua orang punya kaki.

      nah,
      sama seperti kamu.
      kamu sudah dalam fase berjalan, tinggal mengembangkan lagi fase berjalanmu. apa kamu hanya mau berjalan? berlari? atau bahkan kamu malah ingin berdiri di tempat?

      jadi,
      tetep semangat! dan raih impianmu! :)

  13. mad surgeon says:

    waah 2 tahun baru bisa berjalan? landmark pertumbuhannyavkan memang batas 2 tahun. tapi untuk anak yang sudah lewat 3 tahun belum bisa berjalan kita katakan perkembangannya terhambat atau ada gangguan tumbuhkembang yang hasilnya anak tersebut tidak akan bisa memiliki kemampuan mental yang baik.

    hal yang tersebut juga sama dengan memilih perguruan tinggi. jika memang potensi atau dasar2 ilmu tidak cukup jangan memaksakan diri masuk fk. lulusan smk, stm, ips, dan pendidikan lain yang tidak setara sma ipa tidak disarankan masuk fk karena sulit untuk menjadi dokter yang baik tanpa potensi yang cukup. ingatlah bahwa jika kalian menjadi dokter maka kalian akan bertanggung jawab atas nyawa orang lain. jika dasar keilmuan kalian tidak optimal nyawa orang lain yang menjadi taruhannya. maukah kalian terima apabila orangtua kalian dirawat oleh dokter yang tidak kompeten? tidak kan? jangan egois, jangan memaksakan diri, masih banyak jalan kain untuk membaktikan diri kalian untuk negara ini.

  14. arifah says:

    kak, kalo pts yg nerima anak smk untuk fk di daerah jakrta, jatim, dan jateng itu dimana aja ya kak? trimakasih :)

  15. Prima says:

    Kk.. saya kemaren ini ikut tes msuk uht.. lolos.. tpi nggak aq ambil.. klo thun dpan ikut tes uht lgi boleh nggak ya?

  16. isty says:

    assalamu’alaikum.. hay ka’.. mau nanya nich..
    mnurut ka” mna yg lebih bagus kul. di IPDN atau FK..? oh ya, klo FK di jawa timur itu, bagusnya di UB atau UMM? makasih ka’.. :D

  17. bimbim says:

    Program Studi Ilmu Kedokteran Gigi Fakultas Kedokteran Universitas YARSI (Prodi IKG FK-UY) telah resmi berdiri pada tanggal 4 September 2012 melalui Surat Keputusan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor : 306/E/O/2012 Tentang Penyelenggaraan Program Studi Kedokteran Gigi (S-1) Pada Universitas YARSI Di Jakarta. PSIKG-UY saat ini masih merupakan bagian dari Fakultas Kedokteran Universitas YARSI (FK-UY).

    Di dalam penyelenggaraan pendidikan dokter gigi ini, Prodi IKG FK-UY telah mempunyai 2 angkatan. Konsil Kedokteran Indonesia (KKI) menetapkan bahwa setiap Program Studi Ilmu Kedokteran Gigi yang baru berdiri, dalam 3 tahun pertama harus menerima mahasiswa tidak tebih dari 50 orang.

    Saat ini staf edukatif PSKG-UY sebanyak 16 orang dengan kualifikasi pendidikan S-2, Sp-1, S-3 dan Guru Besar sehingga diharapkan mahasiswa memperoleh pendidikan dokter gigi oleh tenaga edukatif yang berkualitas. Saat ini Prodi IKG FK-UY merupakan bagian dari FK-UY sehingga untuk basic medical science / ilmu kedokteran dasar diberikan oleh staf edukatif pendidikan dokter. Untuk kualitas pendidikan dokter pada FK-UY sudah tidak perlu diragukan kualitasnya karena pendidikan dokter pada FK-UY mendapatkan akreditasi “A” dari BAN-PT.

    Prodi IKG FK-UY dibagi 2 tahap pendidikan, yaitu :

    Program Pendidikan Akademik (S-1) dengan lama pendidikan 3,5 tahun dibagi menjadi 7 semester dan setelah lulus akan mendapatkan gelar Sarjana Kedokteran Gigi (S.KG).
    Program Pendidikan Profesi (Profesi Dokter Gigi) dengan lama pendidikan 1,5 tahun dibagi menjadi 3 semester dan setelah lulus akan mendapatkan gelar Dokter Gigi (drg).

    Prodi IKG FK-UY saat ini sedang membangun Rumah Sakit Khusus Gigi dan Mulut Pendidikan Universitas YARSI (RSKGMP-UY) yang berada satu kompleks Kampus Universitas YARSI dan telah mempunyai surat rekomendasi pendirian RSKGMP nomor 8592/-1.779.3 dari Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Daerah Khusus Ibukota Jakarta. RSKGMP-UY ini nantinya akan menjadi Dental Teaching Hospital bagi mahasiswa ko-ass (profesi), tentunya di dalam bekerja ke pasien setiap mahasiswa ko-ass di bawah supervisi instruktur Dokter Gigi/Dokter Gigi Spesialis.

    Di DKI Jakarta saat ini telah terdapat 3 RSKGMP, yaitu RSKGMP-UI, RSGMP-Trisakti dan RSKGMP-Moestopo. Pelayanan kesehatan gigi dan mulut pada RSKGMP-UY akan menjadi yang ke empat di DKI Jakarta, dan diharapkan dapat menjadi pusat pendidikan dan pelayanan kesehatan gigi dan mulut yang berkualitas di Indonesia khusus nya di wilayah DKI Jakarta dan JABODETABEK.

  18. Zahwa Fitria says:

    Assalamualaikum. Ka aku Zahwa dari Sukabumi, aku bingung nih tentang mekanisme snmptn undangan. Bisa kasih penjelasan? Hehee.

  19. APRINA says:

    assalamualaikum. kak PTN mana ya jurusan kedokteran dengan passing grade gak terlalu besar.
    tolong jawab ya ini kak. trimksih

  20. Linda says:

    Halo kak :D
    Kak, Linda jurusan IPS. Kalau di Univ Kristen Marantha itu bisa nemerima IPS masuk ke FKG gak ya kak? :( kalau enggak bisa trs Univ mana yg nerima IPS bisa masuk FKG? Thank you kak :)

  21. kathleen says:

    maranatha masih nerima semua jurusan untuk masuk ke fkgnya, biasanya univ swasta lebih universal dalam menerima mahasiswa baru yang akan masuk ke jurusan kedokteran, cuma biaya yang harus dikeluarkan lebih banyak dibandingkan di univ negri, univ negri biasanya apabila ada calon maba mau masuk jurusan fk biasanya ada syarat sewaktu di SMA ank tsb berasal dari jurusan IPA. thanks

  22. ton says:

    kemarin saya datang ke maranatha dan persyaratanya SMA IPA dan tidak buta warna utk FK.saya gak tahu kalau FK boleh semua jurusan?
    http://pmb.maranatha.edu/wp-content/uploads/2013/09/InfoPMB_040913.pdf

  23. princess says:

    Haloo.. Mohon info donk, Univ mana yg menerima coass baru lulusan fk luar ? Terimakasih

  24. yunnia says:

    maaf kak mau tanya Univerrsitas Negeri Jakarta itu ada FK nya gak ?
    oh iya kak bingung nih cita-cita dari dulu pengen jadi Dokter *amin ya Allah . tapi nilai aku paspasaaan banget kak . susah buat nyapai rata-rata di angka 8 :( aku juga selalu nutup diri buat ngasih tau ke kawan-kawan aku kak kalo mau ngambil FK yaa walaupun sempet sih dapet jadi 10 besar dikelas wlwpun ga cuma sekali . lebih seringnya konsul sama guru dan respon guru sih Oke positif (bisa asalkan niat dan ada dana walaupun nilai kamu paspasaan tapi kamu harus semangat dan yakin terus berdoa) ya senngaknya motivasi lah itu . tapi tetep aja ada rasa takut kak -____- kira-kira univ mana ya kak yang cocok buat aku . ada si sodara yg siap bantu di UNAIR tapi kejauhan karna aku di lampung . ada juga ada yg mau bantu du UNJ tapi masih bingung ada nggak FK di UNJ . kasi sarannyaa ya kaaak :)

    • devezzfil says:

      tidak ada.

      ya kalo memang ingin, ya harus konsisten donk.
      coba aja milih fk. masalah kos atau apapun itu kan masalah nanti, ga usah terlalu dipikirkan.

      yang penting mah masuk fk dulu. haha.

  25. Saroha Hutagalung says:

    Kak, di FK. Swasta mana yg fasilitasnya cukup baik, tetapi uang kuliahnya terjangkau oleh seorang pegawai biada, makasih

  26. Asalammualaikum kak :)
    kak akukan dari jurusan ips pingin masuk FKG.? universitas muhammadiyah nerima gak kak.? tolong infonya ya kak. :)

  27. shindy says:

    Assalamualikum kak,
    gini aku sekolah di bandung tapi pingin ambil FK di Unand,trus gimana dong caranya?

  28. ayu says:

    kak aq bingung ni,pgn bgd msuk fk,.vie gx tau mw nnya ma siapa baiknya gmna,dan caranya gmna,,tapi,pgn ktmu lngsung ma org yg tau,biar lngsung dksh arahan,,tolong solusinya ka^

  29. Linda says:

    kak, mau tanya. kalau Univ.Sam ratulangi menerima kedokteran dari IPS gak ya kak? makasih.

  30. ka, saya Andy dari Unsoed, ka saya sekarang di jurusan Agroteknologi, saya ingin sekali pindah jurusan ke kedokteran, itu cita2 sy dr SD, apakah ituboleh? kemudian status sy di unsoed mahasiswa bidik misi,itu bagaimana? tolong bantuannya ya ka?

  31. susan siagian says:

    Kag aku dari mulai kecil ingin sekali jadi dokter kag, tp tahun2013 kemaren aku coba fk usu dan fk unja gak ada yg masuk kag.
    Trus rencana aku mau coba tahun nii ambil fk di unsrat atau dmna gtu yang mampu nampung aku.
    Bagaimana pun aku ingin jadi dokter kag.

    Tolong solusi nya kag.

  32. aini says:

    kak , aku mau nanya kalo kedokteran itu yang berpengaruh nilai , mata pelajarannya apa aja ya kak ? terus kalo nilai aku ada yang turun naik kira kira masih bisa ga ya masuk negeri

  33. anita says:

    kak, umur qw udah 21thn, apakah masi bisa masuk fk? usia untuk masuk fk itu dibatasin ga kak?

  34. Ms. FF says:

    ada contoh2 soal atau kumpulan soal seleksi pmb UHT, min?

  35. iyan says:

    ka aku pngn jdi dor kmarin aku ank ips trus pindah ke ipa tapi aku blum menguasi tetang ipa kira2 bsa masuk fk gk yh ka

Leave a Reply

