Jangan Mengantuk!


MengantukBismillah. Hmm, tahun baru ya? Nothing special for me, just normal daily life with many task. :D Sudah lama rasanya ngga nulis sesuatu di blog ini. Sebenarnya bukan karena sibuk sih, karena bingung mungkin apa yang mau ditulis, hehe. *alesan* Padahal banyak sekali ya, jika kita mau menulis, ya banyak sekali hal-hal yang bisa kita tulis. Entah itu untuk konsumsi pribadi atau untuk memberi informasi menarik kepada orang lain.

Oke, aku menulis ini karena sedang `stuck` saat belajar tentang kelenjar adrenal. Baru saja membaca cover, dan pendahuluan, lalu beranjak ke anatomi, dan kemudian melangkah ke histologi, akhirnya rasa kantuk pun datang. Grrr. Sebal. Ingin sekali rasanya membunuh yang namanya kantuk itu. Seringkali seperti ini, saat belajar sebentar saja rasa kantuk sudah menghampiri. Kapan bisa belajar maksimal?

Err, FYI. Rasa kantuk ini bukan disebabkan oleh karena kurang tidur atau kelelahan yang sangat. Tapi menurutku lebih tepat disebut `book syndrome`, dimana saat membaca buku/tulisan yang tidak menarik, kita jadi terpacu untuk tidur. Hmm, sejenak flashback ke proses mengantuk itu sendiri. Mengantuk sebenarnya sebuah proses alamiah di dalam tubuh kita, dimana saat kita telah merasa mengantuk maka itu berarti tubuh kita membutuhkan istirahat untuk mengganti sel-sel yang rusak serta menghilangkan kumpulan asam laktat yang tertimbun di dalam tubuh. Tapi, kantuk itu menjadi tidak normal jika sedikit-sedikit kita ngantuk dan tidur. Itu namanya pemalas. :p

Akhirnya, salah satu trik yang selama ini aku gunakan dalam mengatasi kantuk adalah browsing di internet. Membaca berbagai artikel menarik di internet membuat rasa kantuk itu benar-benar hilang. Tapi, itu cuma berlaku sebentar, setelah kusentuh lagi bukuku, dia datang begitu cepat, dan kembali mengantuk. :| Ya Allah, ampunilah hambaMu.

Dan akhirnya, hari ini aku mencoba mengumpulkan beberapa trik-tips yang berserakan di dunia maya tentang cara membunuh rasa kantuk tersebut. Sangat banyak caranya, tapi saya pilih yang kelihatannya masuk akal dan bisa saya lakukan kelak. :D

  1. Minum air putih. Menurut penelitian, kurangnya cairan bisa menimbulkan rasa kantuk dan menurunkan tingkat konsentrasi seseorang. Jadi bisa menyebabkan kantuk. Maka, siapkan seember air saat kita hendak belajar. :D
  2. Makan permen. Ini sebenarnya adalah alternatif lain agar otak kita tidak hanya bekerja membaca buku, tapi juga mengunyah. Jadi tidak terjadi kebosanan di otak sehingga kita terhindar dari kantuk.
  3. Posisi belajar. Ingat, posisi menentukan prestasi loh, dan itu benar. Eits, disini maksudnya posisi saat belajar, bukan posisi saat kita ujian. Usahakan posisi duduk saat belajar adalah duduk dengan punggung tegak. Karena menurut penelitian, posisi ini adalah posisi yang optimal agar terhindar dari kelelahan yang akhirnya menuju ke rasa kantuk.
  4. Putuskan rantainya. Oke, disaat kita mulai mengantuk, stop belajar. Daripada kita meneruskan belajar dan kita menjadi semakin mengantuk dan tertidur, lebih baik kita berhenti belajar. Lalu, apa yang harus kita lakukan? Ya, kita harus memotong rantai setan ini dengan melakukan aktivitas yang bisa membuat kita lupa kalau kita pernah mengantuk. Misalnya seperti yang saya lakukan, browsing. :D Bisa juga dengan berjalan-jalan ke teras, bisa juga dengan memberi makan hewan kesayangan, atau hal-hal yang menyenangkan lainnya. Tapi ingat, setelah rasa kantuk itu hilang, kembali belajar.

Sebenarnya banyak sekali cara-cara yang bisa kita lakukan untuk membuang jauh-jauh rasa kantuk yang sering hinggap saat kita sedang belajar. Semua itu tergantung dari niat suci kita saat akan belajar. Apakah kita benar-benar ikhlas atau hanya sekedar belajar tanpa tujuan? Jika kita belajar dengan ikhlas karena ingin mempelajari ilmuNya dan ingin mengamalkan ilmunya kelak maka tentu saja kita akan berusaha belajar dengan sungguh-sungguh, apapun itu rintangannya. Sip.

About devezzfil

Hello World. I'm just a college student with normal habits. Go to college, learning, playing, and do others stuff that make me to be a better student. My hobby is surfing on internet, writing, and now i'm learning how to editing a photo. At all, I just same as you, a person who wanna live peacely. Have a good day!
This entry was posted in Story Line and tagged , , . Bookmark the permalink.

5 Responses to Jangan Mengantuk!

  1. Dhika says:

    nice info,
    blognya bagus mas,
    aku buat nggak jadi2, –“

  2. mokleter says:

    nice info^^, wah… padahal tidur penting lo pak dokter.. min 8 jam hehhehe…, dokter ini kadang lucu, suka menasehati orang makan jangan telat lah, tidur tepat waktu dell, padahal liat dokter sendiri (mahasiswa kedokteran)… saking sibuknya… weh2 buku bisa2 jadi pacar^^

  3. dwi_esti_febri says:

    Dani mah tdur dmn2.. :p
    nyetir mobil..5 mnt aja g ada yg ngjak ngbrol *pasrah_de_hidup_mati :p

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s