Marhaban Yaa Ramadhan


Marhaban Yaa Ramadhan!Alhamdulillah, tak terasa ramadhan sudah hampir tiba. Sepuluh hari lagi kita semua akan kedatangan tamu agung yang paling dinanti oleh seluruh umat muslim di dunia. Ya Allah, entah mengapa kebanyakan orang selalu merasa seperti baru kemarin kita merayakan Idul Fitri, eh kini sudah tiba Ramadhan lagi. Apa itu semua karena efek dari kesibukan kita hingga lupa menghitung hari? Wallahu’alam.🙂

Sebagai seseorang yang kedatangan tamu agung, hendaknya kita menyiapkan semuanya dengan persiapan yang matang. Mulai dari hati, akal, dan perbuatan kita harus sedikit demi sedikit diperbaiki menjadipribadi muslim sejati dengan berasaskan `menjauhi segala laranganNya dan mentaati segala perintahNya.

Dalam memasuki bulan Sya’ban-Ramadhan ada beberapa hadits dhoif (lemah) yang beredar. Oleh karena itu, kita harus pandai dalam memilah mana yang benar dan mana yang salah. Berikut ini ada beberapa syari’at yang diambil dari beberapa kitab yang InsyaAllah telah teruji kebenarannya.

  • Siapa yang memasuki bulan Sya’ban sementara dia punya qadha puasa Ramadhan, wajib baginya untuk segera menggantinya jika dia mampu, tidak boleh baginya untuk menundanya hingga setelah Ramadhan berikutnya jika tidak ada halangan. Siapa yang tidak mengganti qadha puasanya hingga berakhir bulan Sya’ban maka wajib baginya bertaubat atas kelalaiannya dan dia tetap diwajibkan mengganti puasanya tersebut ditambah membayar kafarat setiap hari yang ditinggalkan dengan memberikan kepada orang miskin satu mud beras (atau makanan pokok lainnya).
  • Disunnahkan untuk memperbanyak shaum (puasa) pada bulan Sya’ban, karena Rasulullah *Shallallahu ‘alaihi wa Sallam dahulu selalu melakukannya. Dalam kitab As-Shahihain (Shahih Bukhari dan Muslim) terdapat hadits ‘Aisyah Radhiyallahu ‘anha , dia berkata: “Aku belum pernah melihat Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa Sallam menyempurnakan shaum selama satu bulan penuh kecuali pada bulan Ramadhan, dan aku belum pernah melihat beliau memperbanyak shaum dalam satu bulan kecuali pada bulan Sya’ban.” Hikmah diperintahkannya untuk memperbanyak shaum pada bulan Sya’ban –wallahu a’lam- adalah sebagai pembukaan bagi bulan Ramadhan yang diwajibkan shaum padanya, agar terlatih untuk melakukan shaum pada bulan tersebut.
  • Tidak boleh menyambung shaum pada bulan Sya’ban hingga bulan Ramdhan. Sehari atau dua hari terakhir pada bulan Sya’ban harus dihentikan, kecuali jika pada hari itu berbarengan dengan hari biasa dia melakukan shaum padanya, seperti hari Senin atau Kamis, maka dia boleh melakukannya. Terdapat dalam kitab Ash-Shahihain dari hadits Abu Hurairah Radhiyallahu ‘anhu dari Nabi Shallallahu ‘alaihi wa Sallam beliau bersabda: “Jangan kalian dahulukan Ramadhan dengan shaum sehari atau dua hari, kecuali (pada hari) yang dia (biasa) shaum, maka  shaumlah.” Para ulama menyebutkan hikmahnya dalam masalah ini yaitu: “Agar puasa bulan Ramadhan tidak ditambah dengan puasa selainnya sebagaimana untuk tujuan yang sama dilarang shaum pada hari raya (hari ‘Ied). Begitu juga – hikmah yang lainnya – sebagaimana diketahui bahwa antara perbuatan sunnah (nafl) dan perbuatan wajib (fardhu) hendaknya ada pemisah ( jeda) waktu pelaksanaannya, sebagaimana antara shalat nafilah (sunnah) dan shalat fardhu.”

Nah, teman-teman sekalian dengan penjelasan dari kutipan beberapa kitab diatas semoga bisa menjadi sedikit pencerahan bagi kita yang hendak menyambut bulan Ramadhan. Dan marilah kita tingkatkan ibadah kita sedikit demi sedikit mulai dari sekarang sehingga saat Ramadhan tiba kita sudah terbiasa melakukannya dan pahalanya juga berlipat ganda bukan? Ayo! Kita sambut Ramadhan 1431 H ini dengan semangat demi menggapai ridhoNya!😀

About devezzfil

Hello World. I'm just a college student with normal habits. Go to college, learning, playing, and do others stuff that make me to be a better student. My hobby is surfing on internet, writing, and now i'm learning how to editing a photo. At all, I just same as you, a person who wanna live peacely. Have a good day!
This entry was posted in Story Line. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s